Aquasprite Theme Demo

Cinta Dan Benci

Sabtu, 05 Februari 2011 , Posted by Ahmad Saufani at 07.09


Tentu kita semua sudah tahu idiom di atas, tapi sebuah penelitian di Inggris menunjukkan bahwa kedua hal tersebut secara biologis memang mirip; Hasil pemindaian otak memperlihatkan bahwa ada persamaan bagian otak yang aktif ketika seseorang melihat foto orang yang ia benci atau yang ia cintai.
Satu perbedaannya adalah: Bagian otak yang berkaitan dengan penilaian dan akal sehat tidak begitu aktif dalam mode ‘cinta’, sementara bagian serupa lebih banyak aktif ketika kita membenci.


Profesor Zeki dan John Romaya dari Laboratorium Neurobiologi menganalisis aktivitas sirkuit saraf di otak yang menyala ketika para partisipan melihat foto orang yang dibenci.

Mereka menemukan bahwa benci termasuk bagian dari rangkaian otak yang disebut putamen dan insula, ditemukan di korteks sub-organ. Putamen ini sudah diketahui terlibat dalam persepsi penghinaan dan jijik dan juga dapat menjadi bagian dari sistem motor yang terlibat dalam gerakan dan tindakan.

"Secara signifikan, putamen dan insula adalah juga keduanya diaktifkan oleh cinta romantis. Hal ini tidak mengherankan. Para putamen juga bisa terlibat dalam penyusunan tindakan agresif dalam konteks romantis, seperti dalam situasi ketika saingan menyajikan bahaya, "


Salah satu perbedaan utama antara cinta dan benci tampaknya berada dalam kenyataan bahwa sebagian besar dari korteks serebral - terkait dengan penilaian dan penalaran - menjadi de-aktif dalam cinta, sementara hanya wilayah kecil yang dinonaktifkan di benci.

Sumber:
www.independent.co.uk
PERSEPSI – WARTA PSIKOLOGI POPULER

Currently have 1 komentar:

  1. idiiiihhh...
    faal bgt ini mu...
    hahahhha

Leave a Reply

Posting Komentar

Contact Me

Contact Form

Name *
Email *
Subject *
Message *
Image Verification
captcha
Please enter the text from the image:
[Refresh Image] [What's This?]
Powered byEMF HTML Form
Report Abuse