Aquasprite Theme Demo

Kompetisi WEB Kompas MuDA & AQUA

Kamis, 10 Februari 2011 , Posted by Ahmad Saufani at 17.33



Kompetisi WEB Kompas MuDA & AQUA
Kompetisi Web Kompas MuDA & AQUA adalah sebuah kompetisi yang diadakan oleh Kompas MuDa yang bekerja sama dengan AQUA. Kompetisi yang menilai kualitas tulisan serta design ini memang bukan yang pertama kali diadakan. Beberapa tahun lalu kompetisi serupa juga diadakan untuk memperingati ulang tahun Kompas MuDa dimana untuk tahun ini diadakan untuk memperingati ulang tahun Kompas MuDa yang ke 4.
Kompetisi WEB Kompas MuDA & AQUA dibuka untuk para pelajar SMA maupun Mahasiswa yang berumur 15-22 tahun yang boleh mengikut sertakan blog baru mereka maupun blog lama mereka. Serta tidak ada batasan untuk masalah domain yang digunakan: boleh menggunakan top level domain maupun sub domain atau bisa juga menggunakan layanan blog gratis seperti blogspot, wordpress, dll.
Penilaian dalam Kompetisi WEB Kompas MuDA & AQUA adalah penyaringan 200 besar finalis yang ditentukan lewat posisi blog di search engine Google.
Kompetisi ini mengharuskan pesertanya untuk memuat satu buah tulisan, yang terdiri dari 3.000 karakter dimana spasi juga dihitung, dengan tema IT’s about US: Air Untuk Masa Depan dan juga mengharuskan untuk memberikan backlink ke http://www.mudaers.com/.

It’s About Us: Air Untuk Masa Depan
My Heart Draws A Dream: Air Untuk Masa Depan.
Air untuk masa depan. Mengapa air? Pertanyaan itulah yang muncul dalam benak saya, ketika saya membaca sebuah kalimat “Air Untuk Masa Depan”. Pertanyaan tersebut muncul bukan tanpa alasan. Banyak hal selain air yang juga harus dipersiapkan untuk masa depan, seperti pengurangan atau pencegahan dari global warming, kemudian persiapan dan peningkatan sumber daya manusia, dan hal lainnya yang perlu ditingkatkan selagi itu bermanfaat serta hal lainnya yang perlu dikurangi atau dihilangkan karena sangat merugikan.
Tetapi setelah saya membaca Kompetisi WEB Kompas MuDa & AQUA pertanyaan yang muncul dalam benak saya seperti pada paragraph di atas, membuat saya mencari tahu mengapa air itu penting dan sangat dibutuhkan dalam kehiudpan. Berkat Kompetisi WEB Kompas MuDa & AQUA ini juga, yang bertemakan “It’s About Us: Air Untuk Masa Depan”, memberikan jalan atau membuka mata saya bahwa air memang sangat penting dalam kehidupan kita dari dahulu hingga di masa yang akan datang.

Air?
Air merupakan suatu zat yang sangat penting bagi semua bentuk kehidupan di bumi ini. Bumi ini sebahagian besar adalah air. Air menutupi hamper 71 % permukaan bumi dimana terdapat 1,4 trilliun3 atau 330 juta mil3 air di bumi.

Air dan Kehidupan


Adanya kehidupan ini tidak terlepas peranan penting dari air. Semua makhluk hidup memiliki ketergantungan terhadap air. Air merupakan zat yang penting sebagai proses metabolisme pada makhluk hidup. Kemudian proses fotosintesis dan respirasi pada tumbuhan juga membutuhkan air.
Dalam tubuh seorang pria dengan berat rata-rata 70 kg, menurut Dr. Elvina Karyadi, MSc, ahli gizi, kandungan air di dalam tubuhn pria kira-kira 45 liter. (Pada wanita, kandungan airnya sedikit lebih rendah sebab komposisi lemak tubuhnya lebih besar.) Dari total kandungan air 45 liter di atas, sekitar 30 liter terdapat dalam sel tubuh kita (intraseluler) sedangkan 15 liter berada di luar sel (ektraseluler). Yang termasuk air di luar sel adalah air dalam cairan otak, cairan mata dan hidung, termasuk juga cairan pada saluran pencernaan.
Menurut sumber yang saya baca, kandungan air dalam otak 83%, ginjal 82%, jantung 79%, paru-paru 80%, tulang 22%, dan darah 90%. Bila kandungan air dalam masing-masing organ tersebut tetap dipertahankan sesuai kebutuhan, maka organ tersebut akan tetap sehat. Sebaliknya bila menurun, fungsinya juga akan menurun dan lebih mudah terganggu oleh bakteri, virus, dll. Maka bisa dibayangkan betapa besar peran air dalam tubuh kita.
Untunglah tubuh manusia mempunyai mekanisme dalam mempertahankan keseimbangan asupan air yang masuk dan yang dikeluarkan. Rasa haus pada setiap orang merupakan mekanisme normal dalam mempertahankan asupan air dalam tubuh. Air yang dibutuhkan tubuh kira-kira 2 – 2,5 l (8 – 10 gelas) per hari. Jumlah kebutuhan air ini sudah termasuk asupan air dari makanan (seperti dari kuah sup, soto, dll), minuman seperti susu, teh, kopi, sirup dll. Selain itu, asupan air juga diperoleh dari hasil metabolisme makanan yang dikonsumsi dan metabolisme jaringan di dalam tubuh.
Betapa penting asupan air setiap hari, juga bisa dilihat dari banyaknya air yang pasti dikeluarkan dari tubuh setiap hari melalui beberapa mekanisme. Ada yang melalui air seni, tinja, keringat, dan juga melalui saluran pernapasan.

Jumlah air yang dikeluarkan tubuh melalui air seni sekitar 1 l/hari. Kalau jumlah tinja yang dikeluarkan pada orang sehat sekitar 50 – 400 g/hari, kandungan airnya sekitar 60 – 90% bobot tinja atau sekitar 50 – 60 ml air sehari.
Sedangkan, air yang terbuang melalui keringat dan saluran napas dalam sehari maksimum 1 l, tergantung suhu udara sekitar. Belum lagi faktor pengeluaran air melalui pernapasan. Seseorang yang mengalami demam, kandungan air dalam napasnya akan meningkat. Sebaliknya, jumlah air yang dihirup melalui napas berkurang akibat rendahnya kelembapan udara sekitarnya.
Tubuh kita akan menurun kondisinya bila kadar air menurun dan pengisian kurang cepat dilaksanakan. Jelas, karena ada hubungan yang sangat erat antara kualitas dan kandungan air dalam tubuh dengan respons tubuh kita.
Dr. James M. Rippe, kardiolog dari Amerika Serikat menyarankan untuk minum paling sedikit 1 liter lebih banyak dari apa yang dibutuhkan rasa haus kita. Pasalnya, kehilangan 4% cairan saja akan mengakibatkan penurunan kinerja kita sebanyak 22%! Bisa dimengerti bila kehilangan 7%, kita akan mulai merasa lemah dan lesu.
Semakin banyak kita melakukan aktivitas, air akan lebih banyak terkuras dari tubuh. Apalagi orang yang tinggal di negara tropis dimana energi yang dikeluarkan lebih banyak. Oleh karena itu, para pakar kesehatan mengingatkan agar jangan hanya minum bila terasa haus. Kebiasaan banyak minum, apakah sedang haus atau tidak, merupakan kebiasaan untuk hidup sehat.
Selanjutnya, bekerja di ruang ber-AC pun menuntut kita untuk minum lebih banyak, sekalipun tidak merasa haus. Sebab, di ruangan ber-AC kita akan lebih cepat mengalami dehidrasi. Bahwa banyak minum akan membantu kulit tidak cepat kering penting diperhatikan tak hanya oleh mereka yang sehari-hari bekerja di ruang ber-AC, namun juga oleh mereka yang bekerja dalam ruangan yang suhunya tidak tetap. Suhu naik turun menyebabkan kelembapan ruangan juga tidak menentu. Dengan minum air akan membantu menetralisasikan pengaruh perubahan tersebut.
Air putih juga bersifat menghanyutkan kotoran-kotoran dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat urine. Bagi yang ingin menguruskan badan pun, minum air hangat sebelum makan (sehingga merasa agak kenyang) merupakan satu cara untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk. Apalagi air tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak. Namun yang terbaik adalah minum air putih pada suhu sedang; tidak terlalu panas, dan tidak terlalu dingin.
Para peneliti menemukan bahwa, bila kita minum banyak air bersih dan jernih, maka hal tersebut akan memacu peningkatan kesehatan kita. Semakin hari semakin banyak pula keuntungan dengan minum air bersih dan jerbih bagi kesehatan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah manfaat dan kegunaan air bagi kita.

1.Pencernaan dan metabolisme yang lebih baik

Minum air dalam jumlah yang cukup menjadikan pencernaan maupun metabolisme dapat bekerja pada kapasitas maksimalnya. Faktanya, penelitian terbaru dari University of Utah menyatakan bahwa kekurangan air dapat menyebabkan menurunnya metabolisme.

2.Memperbaiki kemampuan dan daya tahan tubuh

Kita akan mampu bekerja lebih keras/berat bila mendapatkan air yang cukup. Sebagai tambahan, air dapat memperkuat daya tahan tubuh kita. Karena air dapat menaikkan simpanan glycogen, suatu bentuk dari karbohidrat yang tersimpan dalam otot dan digunakan sebagai energi saat Anda bekerja.

3.Tahan lapar

Rasa lapar kadang merupakan penyamaran dari rasa haus. Sewaktu kita mengalami dehidrasi (kekurangan air), kita mungkin merasa ingin makan padahal yang kita butuhkan sebenarnya adalah air. Kita juga dapat memanfaatkan efek rasa kenyang dari minum air untuk mencegah makan berlebihan.

4.Mengurangi resiko terhadap beberapa macam penyakit

Para peneliti saat ini meyakini bahwa cairan atau tepatnya air dapat berperan aktif dalam mengurangi resiko terhadap beberapa penyakit seperti: batu ginjal, kanker saluran kencing, kanker kandung kemih, dan kanker usus besar (colon). Minum cukup air dapat pula menghindari sembelit.

5.Senjata ampuh melawan masuk angin atau pilek

Antibodi dalam lendir yang melapisi kerongkongan berfungsi untuk menjerat virus pilek. Daya tahan ini akan melemah apabila Anda dehidrasi (kekurangan air) karena akan menyebabkan lendir mengering. Sebagai catatan banyak ahli kesehatan merekomendasikan air sebagai ekspektoran yang efektif untuk mengurangi batuk.

6.Pelembab wajah paling ampuh

Dengan minum banyak air membantu kulit Anda tetap kenyal dan kencang serta mengurangi garis-garis dan kerut pada wajah.

7.Menangkal rasa letih akibat melakukan perjalanan

Udara panas dapat menyebabkan Anda dehidrasi dan akan menimbulkan rasa letih pada saat dan setelah perjalanan. Minumlah banyak air sebelum melakukan perjalanan dan satu gelas tiap jam perjalanan Anda.

8.Mengatasi migrain/sakit kepala
Para peneliti menyatakan bahwa dehidrasi dapat mengakibatkan migrain/sakit kepala, jadi bila Anda sering mengalami migrain adalah sangat penting untuk minum air dalam jumlah yang cukup.

9.Sedangkan Fungsi Air yang utama adalah :
1.Membentuk sel-sel baru, memelihara dan mengganti sel-sel yang rusa
2.Melarutkan dan membawa nutrisi-nutrisi, oksigen dan hormon ke seluruh sel tubuh yang membutuhkan
3.Melarutkan dan mengeluarkan sampah-sampah dan racun dari dalam tubuh kita
4.Katalisator dalam metabolisme tubuh
5.Pelumas bagi sendi-sendi
6.Menstabilkan suhu tubuh
7.Meredam benturan bagi organ vital

Menyadari betapa air sangat penting dalam kehidupan kita, tak ada salahnya kita memelihara persahabatan dengan sobat lama kita ini. Selama kita masih dapat menikmati khasiatnya, mari manfaatkan sebaik-baiknya. Jangan biarkan kebersihan air yang tersedia di bumi ini, kita kotori dan kita sia-siakan keberadaannya dengan membuang sampah sembarangan, limbah pabrik yang mengotori air, serta polusi-polusi air lainnya. Jangan biarkan alam menjadi marah terhadap kita karena sikap kita yang tidak menghargai alam.

Melalui artikel saya ini yang saya ikut-sertakan dalam Kompetisi WEB Kompas MuDa & AQUA yang bertemakan It’s about Us: Air untuk Masa Depan ini, saya berharap kita semua dapat membuka mata hati kita, dapat bekerja sama untuk memelihara dan menjaga salah satu sumber kehidupan yang sangat penting bagi kehidupan kita. Dengan kita menjaga dan memelihara salah satu sumber kehidupan kita ini sejak sekarang, maka akan memberikan manfaat bagi kehidupan di masa yang akan datang untuk anak cucu kita.

Daftar Pustaka
Syadiashare. (July 1st, 2009). Fungsi Air Bagi Kehidupan. Etnize
NN. (Oktober 15th, 2009). Kegunaan dan Manfaat Air.

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Contact Me

Contact Form

Name *
Email *
Subject *
Message *
Image Verification
captcha
Please enter the text from the image:
[Refresh Image] [What's This?]
Powered byEMF HTML Form
Report Abuse